Senin, 01 Juni 2015

Hai, guys! Ketemu lagi sama mas Alfan yang guanteng bingit sejagat rayat (lebay amat -,-). Tau gak guys kalo gue itu senengnya sampai tingkat dewa. Kenapa kok gitu sih? Ya iyalah gue gito lulus SNMPTN 2015 :') Haha. Alhamdulillah bersyukur sekali karena gue diterima di UNS Surakarta atau Universitas Sebelas Maret Surakarta. Entah kenapa gue begitu sangat senang sekali pada tanggal yang begitu sejarah buat gue. Yap, tanggal 9, Mei 2015 itu merupakan momen yang paling indah seumur hidup gue. Ya! Gue begitu bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan gue kesempatan untuk bisa mengeyamkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri :') Emang sih perjuangan gue begitu rumit sekali buat masuk PTN, apalagi PTN favorit. Jadi disini, gue bakalan ceritain ke adik-adik semua cerita perjuangan gue lulus SNMPTN 2015 ini, tapi ada syaratnya.

"Yaelah kak. Kok ada syaratnya sih -,-?"
"Syaratnya gampang kok dek xD"
"Apa itu kak?"
"Bilang Kak Alfan guanntenng 3 kali xD"
"Ogah kak! Kakak jelek gitu :p"
"Siapa yang mau lulus SNMPTN?"
"Saya kak! Siap! Kak Alfan Ganteng, Kak Alfan Ganteng, Kak Alfan Ganteng!! Muah muah xD xD"
"Haha xD"

Hehe. Itu tadi sedikit dialog hiburan. :) Oke gue mulai ceritanya ya. Pasang mata dengan baik-baik. Hehe.

Kisah gue dimulai ketika gue duduk di kelas 1 SMA. Tapi sebenarnya sekolah gue MAN. Emang sih, dari dulu pingin sekolah di SMA karena pelajarannya begitu sedikit dibandingkan di MAN lebih banyak ke pelajaran agama. Ya, pendidikan agama di MAN dipecah jadi 4 pelajaran ada Fiqih, Aqidah Ahklak, SKI, dan Alqur'an dan Hadist dimana semua pelajaran itu tidak asing bagi gue karena dulu gue SD Islam juga jadi ada pelajaran itu juga. Kalo dulu SMP, gue ya SMP. Alhamdulillah di SMP Negeri 2 Tulungagung waktu itu dimana itu sekolah terfavorit di Tulungagung. Ketika udah lulus SMP, gue punya planning buat melanjutkan ke SMA favorit di Tulungagung, yaitu SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. Ya, itu sekolah  ngehit banget di Tulungagung. Banyak dari daerah seperti Trenggalek, Blitar, dan Kediri berbondong-bondong buat daftar kesana. Penyeleksian masuk SMA pada zaman itu menggunakan nilai UN. Dan melihat nilai UN gue yang begitu dapet sedikit banget jumlahnya, gue akhirnya pesimis buat daftar itu sekolah. Jujur, gue waktu itu sakit hati banget sampai nangis gak bisa masuk ke SMA favorit tersebut. Tapi ibu gue akhirnya cuman bilang seperti ini, "Udah, gak usah nangis masih ada sekolah yang lebih baik lagi." Akhirnya ya gue memendam SMA favorit tersebut dan mencari sekolah yang lebih baik daripada sekolah tersebut. Gue sebenarnya iri banget sama temen gue yang masuk ke sekolah tersebut dengan jalan yang diharamkan. Menurut gue kalo masuk sekolah dengan cara seperti itu, itu gak barokah bro. Setelah bingung nyari sekolah negeri yang bagus, nilai UN gue tidak nyampek buat daftar ke semua SMA di Tulungagung dan pada waktu itu kerabat gue membawakan brosur penerimaan murid baru dari sekolah MAN 2 Tulungagung. Awalnya sih dulu gue pernah daftar ke sekolah MAN 1 Tulungagung dengan jalur raport dan memilih kelas Unggulan Agama, tapi aku masih gak ada niat untuk masuk kesana. Akhirnya keputusan gue udah bulat untuk masuk ke MAN 2 Tulungagung(MANDUTA). Disini gue memilih jalur reguler dengan tahapan 2 seleksi, seleksi pertama dengan nilai akhir penggabungan nilai UN dan nilai sekolah dan alhamdulillah gue lulus di tahapan pertama. Tahapan kedua adalah tes baca dan tulis Al-qur'an dan wawancara orangtua. Alhamdulillah tes baca dan tulis gue lancar karena gue dari SD sudah diajarin cara menulis dan membaca. Pada pengumuman tersebut alhamdulillah gue diterima di MAN 2 Tulungagung. Rasanya udah seneng banget pokoknya. Yang penting udah diterima di sekolah negeri walaupun MAN dan tinggal kewajiban gue untuk belajar giat karena orangtua gue udah bayarin gue untuk sekolah disini.

Di kelas X, ini gue belajar giat tapi agak santai juga karena masih adaptasi dengan sekolah jadi banyak main game juga di kelas X ini. Hehe. Untuk kelas X gue sangat tertarik di 3 pelajaran, yaitu Akuntansi, Matematika, dan Geografi. Gue lebih enjoy ke pelajaran Akuntansi entah kenapa suka banget waktu awal-awal sekolah. Padahal cuman 2x pertemuan udah dikasih tugas untuk buat persamaan dasar akuntansi dan itu menurut gue pelajaran yang sangat mudah dari segi teori, rumus, dan hitung. Alhasil alhamdulillah dapet nilai baik terus di pelajaran Akuntansi. Gue lebih suka ke pelajaran berhitung terlebih juga Matematika. Tapi gue gak terlalu bisa menyerap bab Matematika kelas X yang menurut gue sulit banget, padahal itu matematika dasar semua. Tapi ada juga matematika IPA bab Trigonometri yang menurut gue itu bikin muntah aja. Emang gue suka banget sama matematika, tapi entah kenapa teori dan rumusnya sulit untuk dipahami. Tapi gue itu gak nyerah sama pelajaran matematika, tiap hari gue sempetin buat belajar matematika hingga paham betul. Alhasil nilai gue cuman baik di tugas aja, kalau nilai raport ancur deh :'(
Akhirnya di semester 2 ini gue pingin dapet nilai yang terbaik dan mengatur belajar gue supaya gue bisa dapet nilai yang lebih baik lagi. Semester 2 ini gue punya target buat bisa masuk jurusan IPA. Dari dulu pingin banget deh pokoknya. Padahal di semester 1 ini nilai pelajaran IPA gue jelek habis, dapet nilai pas KKM -.- Gue ini orangnya gak mau menyerah biar dapet apa yang gue dapet. Semester 2, guru BK aktif membagikan surat quisioner pemilihan jurusan untuk kelas XI. Gue pilih pilihan pertama IPA dan pilihan kedua IPS. Gue sih yakin aja bakalan masuk ke jurusan IPA. Tapi ketika raport dibagikan, gue dinyatakan naik ke kelas XI dengan jurusan IPS. Gue merasa kecewa sekali waktu itu, karena belajar gue selama ini juga sia-sia. Nilai IPA gue di semester 2 memang bagus, tapi gak masuk ke program IPA. Akhirnya gue konsultasi ke BK untuk pindah jurusan dari IPS ke IPA. Ketika datang ke sekolah banyak siswa dan wali murid berbondong-bondong ke ruang BK, ya mungkin ada sebagian anaknya gak terima masuk di jurusan ini banyak yang protes waktu itu. Kebanyakan sih, banyak yang pingin pindah ke IPA dan IPS. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya gue sama Ibu gue langsung dapat giliran buat konsultasi mengenai permasalahan seperti ini. Percakapannya kurang lebih seperti ini,

"Selamat pagi. Ada yang bisa saya bantu, Ibu?"
"Anak saya ini kepingin pindah jurusan dari IPS ke IPA,pak. Kira-kira bisa atau tidak, pak?"
"Coba saya cek dulu nilai raport anak anda, Bu." (Itu guru BK sambil membaca gitu gak jelas gimana)
"Hmm anak anda masuk ranking paralel untuk jurusan IPS, bu. Kalau misalnya anak anda masuk ke IPA, saingan untuk mendapatkan nilai yang baik juga akan ketinggalan jauh, bu. Sebenarnya bisa pindah, bu dengan syarat Ibu dan anaknya harus membuat surat perjanjian." (Gue sih waktu itu juga masih mikir, enaknya gimana sampai bingung gue)

Lalu gue sama Ibu meninggalkan ruang BK dan duduk di depan teras ruang BK. Disitu gue masih mikir lagi. Kalau kata Ibu gue sih mending tetep di jurusan IPS, sedangkan gue udah tekad bulat akhirnya gue putuskan untuk milih di jurusan IPS. Dulu juga sempat mikir kalo gue ada di jurusan IPA, gue gak bakalan bisa menyerap semua pelajaran IPA dan gue gak bisa pelajaran IPA apalagi kimia dan fisika T.T gue juga mikir seperti ini, gue gak mungkin menyalahkan takdir yang Tuhan berikan kepada gue. Akhirnya gue jalanin.

Masuk semester 3 gue dapat temen baru, ya walaupun masih gak rela harus berpisah dengan teman lama kelas X :'( Disini gue banyak beradaptasi sama teman baru. Spesifik makhluk teman gue disini ada yang baik, ganteng, cantik, nakal juga ada, cuman ya nakalnya wajar. Oh, ya target untuk semester 3 ini gue mau giat belajar lagi untuk memperbaiki nilai yang belum begitu baik di semester sebelumnya. Target gue tetep di matematika. Gue juga mementingkan nilai di ekonomi dan akuntansi. Semua buku paket maupun LKS sudah dibagikan, gue masih melirik LKS matematika. Entah kenapa untuk bab awal itu begitu mudah dan seperti dasarnya matematika. Beda lagi kalo berurusan dengan matematika IPA, amit amit deh! Gue di semester 3 ini hanya menghabiskan waktu dengan belajar, mengerjakan latihan soal, dan membaca. Di akhir semester 3 ini, nilai raport matematika gue masih aja dapet pas-pasan :'( sedih juga sih, karena udah belajar, udah paham sama teorinya, udah latihan soal juga tapi masih saja dapet segitu. Kalau nilai lainnya ya lumayan ada kenaikan tapi sedikit. Di semester 4 ini juga mau naik kelas XII gue mau dapet hasil yang terbaik dan mengubah cara belajar gue.

Setelah liburan panjang semester 3 akhirnya KBM untuk semester 4 udah dimulai. Pola belajar gue juga sudah berubah, jadi habis pulang dari sekolah gue langsung buka pelajaran yang ada di sekolah tadi. Sekolah gue pulangnya jam 3 sore, jadi tambah capek ditambah naik sepeda juga T.T Kalau pun ada tugas dari sekolah, pada saat pulang sekolah pun gue sempetin buat ngerjakan tugas. Habis tiap hari itu selalu ada tugas, jadi gue mau gak mau juga harus nyicil tugas gue. Ya, alhamdulillah bisa melesaikan tugas dengan tepat waktu. Sebelumnya gue juga punya target buat dapet nilai matematika di semester 4 ini, alhamdulillah babnya bisa gue serap dan sering latihan soal juga, ada beberapa bab juga yang belum gue ngerti dan alhamdulillah dengan belajar dan latihan soal akhirnya bisa.





1 komentar: